Rudy Hadisuwarno Education

Rudy Hadisuwarno Education

Tuesday, September 15, 2015

10 Dasar make up & hair do untuk sesi foto serta film

Dunia make up & rambut tentu saja dekat dengan photography ataupun film. Dan beberapa teknik khusus diperlukan karena make up serta penataan rambut untuk kebutuhan foto & shooting cukup berbeda dibanding permintaan umum.

Berikut beberapa tips sederhana agar menciptakan make up serta tatanan rambut profesional untuk kebutuhan sesi foto maupun shoting.


Dalam photo session, beberapa konsep foto menonjolkan kulit model berminyak namun kebanyakan kulit berminyak tidak diharapkan. 

Ada baiknya setelah melakukan make up dan hair do, cobalah untuk mengambil beberapa shoot sebagai tes untuk memastikan kamu dan photographer mendapatkan hasil sesuai keinginan. 





Pencahayaan merupakan salah satu hal penting saat sesi photo ataupun shooting. Yang perlu kita ketahui tentang sifat pencahayaan adalah makin luas sumber cahayanya, makin lembut cahayanya. 







Pencahayaan dengan jenis lampu fluorescent atau neon saat sesi foto bisa membuat model tampak pucat. Karena itu tidak ada salahnya menanyakan pada photographer ataupun bagian teknis lain untuk mengetahui jenis lampu apa yang digunakan untuk pencahayaan sehingga kita tahu teknik make up ataupun penataan rambut terbaik yang cocok dengan jenis pencahayaan tersebut.
















Minimalkan penggunaan shimmer, glitter dan produk make up mengkilap lainnya saat merias model untuk sesi foto ataupun shooting, karena ini bisa menyebabkan pantulan berlebih akibat pencahayaan lampu sorot ataupun pantulan flash kamera. 

















Jika rambut model harus dipotong sebelum waktu sesi photo, sebaiknya lakukan paling tidak 2 minggu sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika ada kesalahan atau jika potongan ternyata terlalu pendek. Bila modelnya seorang pria, beberapa hari sebelumnya mungkin masih tidak menjadi kendala.






Shooting ataupun sesi photo sering menuntut para make up artist memberikan warna lebih pada para clientnya. Seperti lebih meningkatkan warna lipstick, alis, blush on dan warna-warna lainnya. Semua agar wajah client terlihat lebih menonjol di kamera. Tentu saja menonjol bukan berarti menor.





Bicara tentang menonjolkan wajah, Seorang model ataupun aktor & aktris akan benar-benar dapat terhubung dengan penontonnya lewat mata mereka dan sebagai perias, pastikan mata mereka cukup menonjol. Untuk mendapatkan mata yang menonjol dalam foto, pastikan menggunakan eyeliner pada bagian atas bulu mata dan juga di bagian bawah bulu mata. 











Lebih aman jika menggunakan produk make-up, lipstik & maskara waterproof karena tentu saja model , aktor / aktris akan berkeringat karena lampu sorot ataupun aktifitas mereka saat berakting / pose. Hal ini kemungkinan besar dapat membuat riasan cepat luntur jika tidak menggunakan produk waterproof. Riasan luntur bisa menjadi bencana saat photo sesi ataupun shooting.





Tidak ada salahnya sebagai hairdresser atau make up artist mengetahui teknik pose model. Pengetahuan ini akan sangat membantu memberi arahan model agar bisa membawakan karya rambut atau make up sesuai dengan tema.
















Gunakan atau buatlah moodboard saat sesi photo. Apa itu moodboard?
Sebuah papan berisi gambar-gambar dari majalah atau dari manapun yang sesuai dengan inspirasi. Ini membuat para hairdresser & make up artist memiliki arahan yang jelas saat photo sesi maupun shooting film.







Demikian sebagian Tips untuk arahan dasar para make up artist serta hairdreser yang akan terlibat di dunia photography serta film. Jika ada tips lain, silahkan berbagi lewat komentar.

Dapatkan segala info menarik dunia kecantikan di social media kami:

Youtube Channel: Rudy Hadisuwarno Education



No comments:

Post a Comment